RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN
SATUAN LAYANAN BK KLASIKAL
Satuan Pendidikan | : Sekolah Menengan Atas Negeri ....................... |
Kelas/Semester | : XII / 1 |
Waktu | : 1 X 40 menit |
MATERI LAYANAN | : | BAB I BANGGA DI KELAS XII A SEMANGAT BARU DI AWAL TAHUN |
ASPEK PERKEMBANGAN | : | 7. Pengembangan pribadi |
NILAI KARAKTER | : | Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Mandiri, Bersahabat / Komunikatif, Tanggung Jawab |
KOMPETENSI | : | Semangat gres di kelas XII |
INDIKATOR | : | Dapat menyesuaikan diri |
BIDANG LAYANAN | : | Sosial |
TUJUAN LAYANAN | : | Peserta didik sanggup mengekspresikan suasana yang menyenangkan di kelas baru |
FUNGSI LAYANAN | : | Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan |
METODE | : | Kooperatif Learning, Joyfull Learning |
SUMBER LAYANAN | : | Modul BK, Psikologi Remaja, Dinamika Kelompok |
LANGKAH-LANGKAH LAYANAN : |
KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL | WAKTU |
A. Pendahuluan 1. Memberi salam, menilik kehadiran akseptor didik dan kebersihan kelas. 2. Apersepsi dan motivasi : Perlukah kita bersemangat di awal tahun pemikiran ini dengan bernyanyi ? 3. Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal, aspek dan kiprah perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus. | 10 ’ |
B. Kegiatan Inti 1. Proses · Eksplorasi : peserta didik mencicipi “A New Spirit in XII Grades” sambil menyanyikan lagu “Naik ke Kelas XII” · Elaborasi : akseptor didik mengemukakan gagasan gres perihal lagu ”Naik ke Kelas XII” · Konfirmasi : memperoleh pengalaman yang bermakna sewaktu menyanyikan lagu ”Naik ke Kelas XII” 2. Aspek CTL · Questioning (bertanya) : tanya jawab bervariasi perihal semangat mencar ilmu di kelas XII. · Konstruktivisme (membangun) : guru BK/Konselor memberi teladan lagu “Naik ke Kelas XII” · Modeling (pemodelan) : guru BK/Konserlor meminta seorang akseptor didik membacakan cerita. · Authentic Assessment (penilaian yang sebenarnya) : akseptor didik menuntaskan tugas di modul BK : memberi tanda silang pada bak Ya atau Tidak, serta menciptakan puisi atau syair lagu kelas XII 3. Kecakapan Hidup · Kooperatif : akseptor didik sanggup mencicipi sebagai pelajar yang memahami tanggung jawab dalam belajar. | 25’ |
C. Penutup 1. Kesimpulan : akseptor didik dan guru BK menyimpulkan perlunya semangat gres di awal tahun ajaran. 2. Refleksi : semangat mencar ilmu di kelas XII diekspresikan melalui lagu ”Naik ke Kelas XII” | 5 ’ |
I.PENILAIAN
TEKNIK | BENTUK | TAHAP PENILAIAN |
Penilaian diri | Pendapat pribadi | Laiseg : Ekspresi bahagia pada diri akseptor didik. Laijapen : Tetap bahagia mencar ilmu di kelas. Laijapan : Prestasi tercapai |
A. Diberikan reward jikalau ada perubahan perilaku pada akseptor didik berjulukan :
B. Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi akseptor didik yang belum ada perubahan perilaku bernama
Mengetahui,
..............................,Juli 2017
Kepala SMA Negeri ............... Guru BK Kelas XII
.................................... ................................................
NIP. NIP.