Ki Dan Kd Ppkn Smp/Mts Kurikulum 2013 Revisi 2016 Sesuai Permendikbud 24 Th 2016

Berikut KI (Kompetensi Inti)  dan KD (Kompetensi Dasar)  Mata Pelajaran PPKN Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 Sesuai Permendikbud 24 Tahun 2016. Posting ini terbagi 3 bab 1) KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar)  Mata Pelajaran PPKN Kurikulum 2013 Kelas 7 (VII), 2) KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar)  Mata Pelajaran PPKN Kurikulum 2013 Kelas 8 (VIII) dan 3) KI (Kom petensi Inti)  dan KD (Kompetensi Dasar)  Mata Pelajaran PPKN Kurikulum 2013 Kelas 9 (IX)


A. KI (Kompetensi Inti)  dan KD (Kompetensi Dasar)  Mata Pelajaran PPKN  SMP/MTS Kurikulum 2013 Kelas 7 (VII), sebagai berikut:
Kompetensi Inti (KI)  1 Aspek  Spriritual
Kompetensi Inti (KI)  2 Aspek  Sosial
2.  Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya

2.   Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
1.1  Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semangat dan kesepakatan para pendiri negara dalam merumuskan dan tetapkan Dasar Negara Pancasila
2.1  Mengembangkan sikap bertanggung jawab dan berkomitmen sebagai warga negara Indonesia sepeti yang diteladankan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara
1.2   Menghargai norma-norma keadilan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa
2.2  Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
1.3  Menghargai nilai kesejarahan perumusan dan pengukuhan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman
2.3   Mengembangkan sikap bertanggung jawab yang mendukung nilai kesejarahan perumusan dan pengukuhan UUD Republik Indonesia Tahun 1945
1.4   Menghormati keberagaman norma-norma, suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai sesama ciptaan Tuhan
2.4  Menghargai keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
1.5   Mensyukuri makna kolaborasi dalam aneka macam bidang kehidupan di masyarakat
2.5   Mendukung bentuk-bentuk kolaborasi dalam aneka macam bidang kehidupan di masyarakat
1.6   Menghargai karakteristik tempat tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.6  Bersikap antusias terhadap persatuan dan kesatuan dengan mempertimbangkan karakteristik tempat tempat tinggalnya
Kompetensi Inti (KI)  3 Aspek  Pengetahuan
Kompetensi Inti (KI)  3 Aspek  Keterampilan
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata

4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
3.1   Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara    

4.1   Menyaji hasil analisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
3.2   Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan       
4.2  Mengampanyekan sikap sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan      
3.3   Menganalisis kesejarahan perumusan dan pengukuhan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.3   Menjelaskan proses kesejarahan perumusan dan pengukuhan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.4  Mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras dan antargolognan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 
4.4  Mendemonstrasikan hasil identifikasi suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.5  Menganalisis bentuk-bentuk kolaborasi dalam aneka macam bidang kehidupan di masyarakat 
4.5  Menunjukkan bentuk-bentuk kolaborasi di pelbagai bidang kehidupan
masyarakat
3.6  Mengasosiasikan karakteristik tempat dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia
4.6  Melaksanakan penelitian sederhana untuk mengilustrasikan karakteristik tempat tempat tinggalnya sebagai bab utuh dari
Negara Kesatuan Republik Indonesia
berdasarkan rancangan yang telah
dibuat


B. KI (Kompetensi Inti)  dan KD (Kompetensi Dasar)  Mata Pelajaran PPKN SMP/MTS Kurikulum 2013 Kelas 8(VIII), sebagai berikut:
Kompetensi Inti (KI)  1 Aspek  Spriritual
Kompetensi Inti (KI)  2 Aspek  Sosial
2.  Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya

2.   Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
1.1  Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas  konsensus nasional Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
2.1  Mengembangkan sikap yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
1.2   Menghargai makna, kedudukan dan fungsi UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman dan bertakwa
2.2   Mendukung makna, kedudukan dan fungsi UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta peraturan perundangan lainnya sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia 1945
1.3   Bersyukur kepada  Tuhan yang Maha Esa untuk nilai dan semangat  Kebangkitan nasional 1908 dalam usaha kemerdekaan Republik Indonsia
2.3  Menunjukkan sikap disiplin dalam menerapkan aturan sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam tata urutan peraturan perundanga-undangan nasional
1.4   Mensyukuri nilai dan semangat Kebangkitan nasional 1908 dalam usaha kemerdekaan Republik Indonesia secara tulus.
2.4  Bertanggung jawab terhadap makna dan arti penting  Kebangkitan nasional 1908 dalam usaha kemerdekaan Republik Indonesia
1.5   Menjalankan sikap orang beriman sesuai nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.5   Mengembangkan sikap toleransi sesuai nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
1.6   Mensyukuri semangat dan kesepakatan kolektif kebangsaan untuk memperkuat NKRI yang berketuhanan Yang Maha Esa
2.6  Menunjukkan sikap tolong-menolong sebagai wujud nyata semangat dan kesepakatan kolektif kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia
Kompetensi Inti (KI)  3 Aspek  Pengetahuan
Kompetensi Inti (KI)  3 Aspek  Keterampilan
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata

4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
3.1  Menelaah Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa        
4.1   Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari
3.2  Menelaah makna, kedudukan dan fungsi UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta peratuan perundangan-undangan lainnya dalam sistem aturan nasional
4.2  Menyajikan hasil telaah makna, kedudukan dan fungsi UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam penerapan kehidupan sehari-hari
3.3  Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem aturan nasional nasional di Indonesia
4.3  Mendemonstrasikan rujukan pengembangan  tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem aturan nasional nasional di Indonesia
3.4  Menganalisa  makna dan arti Kebangkitan nasional 1908 dalam usaha kemerdekaan Republik Indonsia
4.4   Menyaji hasil daypikir ihwal tokoh kebangkitan nasional dalam usaha kemerdekaan Republik Indonesia
3.5   Memproyeksikan nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
 4.5  Mengaitkan hasil proyeksi nilai-nilai dan semangat Sumpah Pemuda Tahun 1928 dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dengan kehidupan sehari-hari
3.6  Menginterpretasikan semangat dan kesepakatan kebangsaan kolektif untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kontek kehidupan siswa
4.6   Mengorganisasikan aktivitas lingkungan yang mencerminkan semangat dan kesepakatan kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia

C. KI (Kompetensi Inti)  dan KD (Kompetensi Dasar)  Mata Pelajaran PPKN SMP/MTS Kurikulum 2013 Kelas 9 (IX), sebagai berikut:
Kompetensi Inti (KI)  1 Aspek  Spriritual
Kompetensi Inti (KI)  2 Aspek  Sosial
2.  Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya

2.   Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
1.1   Mensyukuri perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara yang merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1   Menunjukkan sikap besar hati akan tanah air sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara
1.2   Menghargai isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945  sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.2  Melaksanakan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
1.3   Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas bentuk dan kedaulatan Negara Republik Indonesia
2.3   Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mendukung bentuk dan kedaulatan Negara
1.4   Menghormati  keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) di masyarakat sebagai derma Tuhan Yang Maha Esa
2.4   Mengutamakan sikap toleran  dalam menghadapi duduk kasus akhir keberagaman kehidupan bermasyarakat dan cara pemecahannya
1.5   Mengapresiasi prinsip harmoni dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.5   Menunjukkan sikap peduli terhadap masalah-masalah yang muncul dalam bidang sosial, budaya, ekonomi, dan gender di masyarakat dan cara pemecahannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
 1.6   Menunjukkan sikap orang beriman dalam menyayangi tanah air dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
2.6   Mengutamakan sikap disiplin sebagai warga negara sejalan dengan konsep bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
Kompetensi Inti (KI)  3 Aspek  Pengetahuan
Kompetensi Inti (KI)  3 Aspek  Keterampilan
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata

4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
3.1   Membandingkan antara insiden dan dinamika yang  terjadi di masyarakat dengan praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4.1   Merancang dan melaksanakan penelitian sederhana ihwal insiden dan dinamika yang terjadi di masyarakat terkait penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.2   Mensintesiskan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945
 4.2   Menyajikan hasil sintesis isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945
3.3   Memahami ketentuan ihwal bentuk dan kedaualatan negara sesuai UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945
4.3   Memaparkan penerapan ihwal bentuk dan kedaualatan negara sesuai UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945
3.4   Menganalisis prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.4   Mendemonstrasikan hasil analisis prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
 3.5   Menganalisis prinsip harmoni dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.5   Menyampaikan hasil analisis prinsip harmoni dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.6   Mengkreasikan konsep cinta tanah air/bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
 4.6   Mengorganisasikan aktivitas lingkungan yang mencerminkan konsep cinta tanah air dalam konteks kehidupan sehari-hari




= Baca Juga =



LihatTutupKomentar