Arti Penting Memahami Keberagaman Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Arti Penting Memahami Keberagaman dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa kita yang mengungkapkan persatuan dan kesatuan yang berasal dari keanekaragaman. Walaupun kita terdiri atas aneka macam suku yang beranekaragam budaya daerah, namun kita tetap satu bangsa Indonesia, mempunyai bahasa dan tanah air yang sama, yaitu bahasa Indonesia dan tanah air Indonesia. Begitu juga bendera kebangsaan merah putih sebagai lambang identitas bangsa dan kita bersatu padu di bawah falsafah dan dasar negara Pancasila.



Semboyan ‘Bhinneka Tunggal Ika’ merupakan semboyan bangsa kita yang mengungkapkan persatuan dan kesatuan yang berasal dari keanekaragaman. Walaupun kita terdiri atas aneka macam suku dan beranekaragam budaya daerah, namun kita tetap satu bangsa indonesia, mempunyai bahasa dan tanah air yang sama, yaitu bahasa indonesia dan tanah air Indonesia

1) Menghormati Suka Bangsa di Indonesia
Kita sebagai bangsa Indonesia harus bersatu padu supaya manjadi satu kesatuan yang bundar dan utuh. Untuk sanggup bersatu kita harus mempunyai pedoman yang sanggup menyeragamkan pandangan kita dan tingkah laris kita dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, akan terjadi persamaan langkah dan tingkah laris bangsa Indonesia. Pedoman tersebut yaitu Pancasila, kita harus sanggup meningkatkan rasa persaudaraan dengan aneka macam suku bangsa di Indonesia.

Membiasakan bersahabat dan saling membantu dengan sesama warga yang ada di lingkungan kita, menyerupai bahu-membahu akan sanggup memudahkan tercapainya persatuan dan kesatuan bangsa. Bangsa Indonesia harus merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa, dan sehati dalam kekuatan wilayah nasional dengan segala isi dan kekayaannya merupakan satu kesatuan wilayah.

Dalam menyebarkan sikap menghormati terhadap keragaman suku bangsa, sanggup terlihat dari sifat dan siksp dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya yaitu sebagai berikut.
a. kehidupan bermasyarakat tercipta kerukunan menyerupai halnya dalam sebuah keluarga.
b. antara warga masyarakat terdapat semangat tolong menolong, kerjasama untuk menuntaskan suatu masalah, dan kerjasama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
c. dalam menuntaskan urusan bersama selalu diusahakan dengan melalui musyawarah.
d. terdapat kesadaran dan sikap yang mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan eksklusif dan golongan.

Sikap dan keadaan menyerupai tersebut di atas harus dijunjung tinggi serta dilestarikan. Untuk lebih memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, kita sanggup melakukan pertukaran kesenian kawasan dari seluruh pelosok tanah air. Dengan adanya kegiatan pertukaran kesenian kawasan tersebut dan menawarkan manfaat bagi bangsa Indonesia, antara lain:
a. sanggup saling pengertiaan antarsuku bangsa
b. sanggup lebih gampang mencapai persatuan dan kesatuan
c. sanggup mengurangi prasangka antar suku
d. sanggup mengakibatkan rasa kecintaan terhadap tanah air dan bangsa

2) Menghormati Budaya di Indonesia
Keanekaragaman budaya merupakan kekayaan bangsa kita. Kebudayaan- kebudayaan kawasan merupakan modal utama untuk menyebarkan kebudayaan nasional. Kebudayaan nasional yaitu puncak-puncak kebudayaan kawasan yang ada di wilayah Indonesia. Kebudayaan kawasan yang sanggup menjadi kebudayaan nasional harus memenuhi syarat-syarat, seperti:
1.   menunjukkan ciri atau identitas bangsa
2.   berkualitas tinggi sehingga sanggup diterima oleh seluruh bangsa Indonesia; dan pantas dan sempurna diangkat sebagai budaya nasional.

Kebudayaan sanggup diartikan sebagai hasil cita, rasa, dan karya insan dalam suatu masyarakat dan diteruskan dari generasi ke generasi melalui belajar. Jika kita telusuri, kebudayaan itu mencakup watak kebiasaan, upacara ritual, bahasa, kesenian, alat-alat, mata pencaharian, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Dalam arti sempit kebudayaan diartikan sebagai kesenian atau watak istiadat saja.

Kebudayaan kawasan yaitu kebudayaan yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat suatu daerah. Pada umumnya, kebudayaan kawasan merupakan budaya orisinil dan telah usang ada serta diwariskan bebuyutan kepada generasi berikutnya. Kebudayaan kita kini ini merupakan hasil pertumbuhan dan perkembangan kebudayaan masa lampau.

Kebudayaan nasional harus mempunyai unsur-unsur budaya yang menerima akreditasi dari semua bangsa kita, sehingga menjadi milik bangsa. Kebudayaan nasional dilaksanakan pada ketika kegiatan tingkat nasional, menyerupai perayaan peringatan kemerdekaan 17 Agustus, peringatan hari-hari nasional, dan kegiatan kantor pemerintah atau swasta. Sebagai warga negara Indonesia kita seharusnya besar hati dengan adanya keanekaragaman kebudayaan. Bermacam-macam bentuk kebudayaan itu merupakan warisan yang tak ternilai harganya. Kita harus menghormati keanekaragaman budaya. Kita juga harus melestarikan dan menyebarkan aneka macam bentuk warisan budaya yang ada kini ini

Bagaimana cara menghormati keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia? Sikap menghormati keanekaragaman budaya sanggup kita tunjukkan dengan sikap-sikap berikut ini.
1. Menghormati kelompok lain yang menjalankan kebiasaan dan watak istiadatnya.
2.   Tidak menghina hasil kebudayaan suku bangsa lain.
3.   Mau menonton seni pertunjukan tradisional.
4.   Mau mencar ilmu dan menyebarkan aneka macam jenis seni tradisional menyerupai seni tari, seni musik, dan seni pertunjukan.
5.   Bangga dengan hasil kebudayaan dalam negeri

Sikap saling menghormati budaya perlu dikembangkan supaya kebudayaan kita yang populer tinggi nilainya itu tetap lestari, tidak terkena arus yang tiba dari luar. Melestarikan kebudayaan nasional harus didasari engan rasa kesadaran yang tingi tanpa adanya paksaan dari siapapun.

Dalam rangka training kebudayaan nasional, kebudayaan kawasan perlu juga kita kembangkan, lantaran kebudayaan kawasan mempunyai kedudukan yang sangat penting. Pembinaan kebudayaan kawasan sanggup dilakukan dengan cara sebagai berikut:
a. pertukaran kesenian daerah
b. pembentukan organisasi kesenian daerah
c. penyebarluasan seni budaya, antara lain melalui radio, TV, surat kabar serta majalah
d. penyelenggaraan seminar mengenai seni budaya daerah
e. membentuk sanggar tari daerah
f. mengadakan pentas kebudayaan

3) Menghormati Agama yang ada di Indonesia

Sejak seseorang sudah diajarkan untuk meyakini dan melakukan anutan agama yang kita anut. Dalam kehidupan berbangsa, kita mengetahui keberagaman dalam agama. Agama tersebut tidak mengajarkan untuk memaksakan kepercayaan kita kepada orang lain. Kita harus menghormati dan menghargai agama dan keyakinan orang lain, dengan begitu tidak akan ada pertengkaran. Seperti semboyan “Bhineka Tunggal Ika”  yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua.


4) Menghormati Ras yang ada di Indonesia

Masyarakat Indonesia mempunyai keberagaman ras, disebabkan oleh kedatangan bangsa gila ke wilayah Indonesia, sejarah penyebaran ras di dunia, letak dan kondisi geografis wilayah Indonesia. Beberapa ras yang ada dalam masyarakat Indonesia antara lain ras Malayan-Mongoloid yang ada di Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, dan Sulawesi. Kedua ras Melanesoid yang mendiami kawasan Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur. Ketiga ras Asiatic Mongoloid menyerupai orang Tionghoa, Jepang, dan Korea. Ras ini tinggal menyebar di seluruh Indonesia, namun terkadang mendiami kawasan tertentu. Terakhir yaitu ras Kaukasoid yaitu orang India, Timur Tengah, Australia, Eropa, dan Amerika. 

Masyarakat Indonesia terdiri atas jenis kelamin pria dan perempuan. Berdasarkan sensus penduduk Tahun 2010, jumlah penduduk pria sebanyak 119.630.913 dan wanita sebanyak 118.010413 Jumlah penduduk ini dari tahun ke tahun semakin meningkat, sehingga diprediksi penduduk Indonesia akan bertambah pesat pada tahun-tahun berikutnya, hal ini disebabkan oleh perumbuhan penduduk Indonesia setiap tahun sekitar 1.49%. Suatu jumlah yang besar dan sanggup mengakibatkan dilema di kemudian hari. Oleh lantaran itu perlu upaya untuk mengurangi pertumbuhan penduduk Indonesia. Ayo apa yang sanggup dilakukan oleh kalian untuk memperlambat pertumbuhan penduduk Indonesia? 

Sering kali kita menjumpai seseorang memperlakukan orang lain secara berbeda lantaran perbedaan jenis kelamin. Misalkan ketika kiprah piket kelas, maka anak pria mengangkat meja dan wanita menyapu. Kemudian yang menjadi sekretaris dan bendahara kelas yaitu anak perempuan. Keadaan inilah yang dinamakan gender, yang sanggup diartikan sebagai sikap atau sikap yang disebabkan perbedaan jenis kelamin. Perilaku dan sikap ini bukan lantaran jenis kelamin seseorang sehingga ia menjadi ketua kelas. Namun disebabkan oleh pandangan atau pendapat dalam masyarakat yang menawarkan tugas-tugas tertentu menurut jenis kelamin.

Oleh lantaran hanya pandangan atau pendapat masyarakat, maka menjadikan perbedaan gender antar masyarakat. Coba kalian perhatikan dalam suku bangsa di Indonesia ada yang mengikuti garis keturunan ibu atau bapak. Seperti dalam masyarakat tertentu, nama marga mengikuti marga ayah, lantaran mengikuti garis keturunan pria (patrilineal). Sedangkan masyarakat yang lain lebih mengutamakan anak wanita dari pada pria dalam kedudukan di keluarga.


Bagaimana kita sanggup bersikap menghormati keragaman ras yang ada di tanah air? Kita sanggup menyebarkan sikap berikut ini.

1.    Menerima ras orang lain dalam pergaulan sehari-hari. Dalam pergaulan di masyarakat, kita tidak membedakan antara ras yang satu dengan yang lainnya  
2.    Tidak menjelek-jelekkan, menghina, dan merendahkan ras orang  lain. Kita, insan yang diciptakan Tuhan dengan harkat dan martabat yang sama.  


5) Menghormati Golongan yang ada di Indonesia

Bagaimana kita sanggup bersikap menghormati golongan atau kelompok lain yang ada di tanah air? Sama halnya dengan sikap kita dalam menghormati keraghaman ras. Berikut beberapa sikap yang di kembangan dalam menghormati kelompok atau golongan yang lain.

1.   Menerima golongan atau orang lain dalam pergaulan sehari-hari. Dalam pergaulan di masyarakat, kita tidak membedakan antara golongan yang satu dengan golongan dengan yang lainnya  
2.   Tidak menjelek-jelekkan, menghina, dan merendahkan golongan atau kelompok yang  lain. Kita, insan yang diciptakan Tuhan dengan harkat dan martabat yang sama.  


6) Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Alat Pemersatu Bangsa

Realitas suatu bangsa yang memperlihatkan adanya kondisi keanekaragaman suku bangsa, budaya, agama ras dan golongan menga­rahkan pada pilihan untuk menganut asas multi­kulturalisme. Dalam asas multikultu­ralisme ada kesadaran bahwa bangsa itu tidak tunggal, tetapi terdiri atas sekian banyak komponen yang berbeda. Multikluturalisme menekankan prinsip nilai-nilai kebersamaan di antara keragaman suku bangsa, budaya, agama ras dan golongan tersebut. Semua suku bangsa, budaya, agama ras dan golongan pada prinsipnya sama-sama ada dan lantaran itu harus diperlakukan dalam konteks duduk sama rendah dan berdiri  sama tinggi. Asas itu pulalah yang diambil oleh Indonesia, yang kemudian dirumuskan dalam semboyan yaitu “bhineka tunggal ika”.

Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa kita yang mengungkapkan persatuan dan kesatuan yang berasal dari keanekaragaman. Walaupun kita terdiri atas aneka macam suku yang beranekaragam budaya daerah, namun kita tetap satu bangsa Indonesia, mempunyai bahasa dan tanah air yang sama, yaitu bahasa Indonesia dan tanah air Indonesia. Begitu juga bendera kebangsaan merah putih sebagai lambang identitas bangsa dan kita bersatu padu di bawah falsafah dan dasar negara Pancasila.

Realitas historis memperlihatkan bahwa bangsa Indonesia berdiri tegak di antara keragaman suku bangsa, budaya, agama ras dan golongan yang ada. Salah satu pola faktual yaitu dengan dipilihnya bahasa Melayu sebagai akar bahasa persatuan yang kemudian bermetamorfosis bahasa Indonesia. Dengan kesadaran yang tinggi semua komponen bangsa menyepakati sebuah konsensus bersama untuk menjadikan bahasa Melayu sebagai bahasa persatuan yang sanggup mengatasi sekaligus menjembatani jalinan antarkomponen bangsa.

Adat istiadat, kesenian, kekerabatan, bahasa, dan bentuk fisik yang dimiliki oleh suku-suku bangsa yang ada di Indonesia memang berbeda, namun selain perbedaan suku-suku itu juga mempunyai persamaan antara lain hukum, hak milik tanah, persekutuan, dan kehidupan sosialnya yang berasaskan kekeluargaan.

Untuk sanggup bersatu kita harus mempunyai pedoman yang sanggup menyeragamkan pandangan kita dan tingkah laris kita dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, akan terjadi persamaan langkah dan tingkah laris bangsa Indonesia. Pedoman tersebut yaitu Pancasila, kita harus sanggup meningkatkan rasa persaudaraan dengan aneka macam suku bangsa di Indonesia.

Membiasakan bersahabat dan saling membantu dengan sesama warga yang ada di lingkungan kita, menyerupai bahu-membahu akan sanggup memudahkan tercapainya persatuan dan kesatuan bangsa. Bangsa Indonesia harus merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa, dan sehati dalam kekuatan wilayah nasional dengan segala isi dan kekayaannya merupakan satu kesatuan wilayah.

Dalam pandangan Koentjaraningrat (1993:5) Indonesia sanggup disebut sebagai negara plural terlengkap  di dunia di samping negara Amerika. Di Amerika dikenal semboyan et pluribus unum, yang menyerupai dengan bhineka tunggal ika, yang berarti  banyak namun hakikatnya satu.

Semboyan Bhineka Tunggal Ika memang menjadi sangat penting ditengah beragamnya watak dan budaya Indonesia. Menjadi barang percuma, apabila semboyan penuh makna tersebut hanya menjadi tambahan burung garuda penghias dinding. Bhineka Tunggal Ika bermakna berbeda beda tetapi tetap satu jua, sebuah semboyan jitu yang terbukti berhasil menyatukan bangsa dengan sejuta suku, bangsa yang kaya akan ideologi, menjadi sebuah bangsa yang utuh dan merdeka.

Bhinneka Tunggal Ika merupakan alat pemersatu bangsa. Untuk itu kita harus benar-benar memahami maknanya. Negara kita juga mempunyai alat-alat pemersatu bangsa yang lain yakni:

1. Dasar Negara Pancasila
2. Bendera Merah Putih sebagai bendera kebangsaan
3. Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa persatuan
4. Lambang Negara Burung Garuda
5. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
6. Lagu-lagu perjuangan

Masih banyak alat-alat pemersatu bangsa yang sengaja diciptakan supaya persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga. Bisakah kau menyebutkan yang lainnya? Persatuan dalam keragaman mempunyai arti yang sangat penting. Persatuan dalam keragaman harus dipahami oleh setiap warga masyarakat supaya sanggup mewujudkan hal-hal sebagai berikut:

1. Kehidupan yang serasi, selaras dan seimbang
2. Pergaulan antarsesama yang lebih akrab
3. Perbedaan yang ada tidak menjadi sumber masalah
4. Pembangunan berjalan lancar



= Baca Juga =



LihatTutupKomentar