RPP Matematika Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SDN/S
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Semester : II/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Lambang Bilangan dan Nilai Tempat
Alokasi Waktu : 18 JP (6 Pertemuan)
A. Kompetensi IntiKompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial (rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin dan kerjasama) dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi akseptor didik.
KI3: Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingintahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan memilih lambangnya menurut nilai daerah dengan memakai model konkret serta cara membacanya
3.1.1 Memahami bilangan cacah
3.1.2 Memahami cara memilih suatu bilangan yang sudah diketahui nilai tempatnya
3.1.3 Memahami nilai tempat
3.1.4 Mengidentifikasi nilai tempatpada suatu bilangan tertentu
4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya menurut nilai daerah dengan memakai model konkret
4.1.1 Menyajikan dan melaporkan hasil membentuk bilangan menurut cirinilai-nilai tempatnya
4.1.2 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya menurut nilai daerah dengan memakai model konkret
C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan sesudah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan akseptor didik dibutuhkan sanggup Menyebutkan dan Menuliskan banyak sekali bentuk bilangan hingga 999 serta bisa Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan lambang bilangan dan nilai daerah dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta mempunyai perilaku responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta bisa berkomukasi dan berhubungan dengan baik
D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
Contoh cara membaca lambang bilangan
2. Konsep
Pernakah kalian membilang? Atau ketika mata pelajaran Olah Raga, Guru Olah Raga meminta kalian untuk membilang. Masih ingat? Ketika kalian berbaris, ketua kelas menyiapkan. Siap grak! Lencang kanan grak! Tegap grak! Membilang mulai! Gagah benar ketua kelas itu.Kalian semua niscaya bisa. Nah, kalau mulai kecil sudah menjadi ketua, besok kalau sudah besar menjadi pemimpin. Misalnya: menjadi Kepala Desa, Camat Bupati, dan lain lain.
3. Prinsip
Membacadan menyajikanbilangan cacahdan lambangnyaberdasarkannilai daerah denganmenggunakan model konkret.
4. Prosedur
Menyajikan dan melaporkan hasil membentuk bilangan menurut cirinilai-nilai tempatnya
Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan lambang bilangan dan nilai tempat.
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi kelompok, Tanya Jawab, Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Slide presentasi (ppt)
2. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
3. Penggaris, spidol, papan tulis
4. Laptop & infocus
5. Perpustakaan sekolah
1. Bahan Tayang
G. Sumber Belajar
1. Buku Siswa MATEMATIKA Kelas II
2. Buku Petunjuk Guru MATEMATIKAKelas II
3. Modul/bahan ajar
4. Internet
5. Modul lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain perihal materi pokok
• Menyimak tayangan/demo perihal materi pokok
• Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
b. Pengayaan
Mengetahui
Kepala SDN/S Guru Mata Pelajaran
…………………… ………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Satuan Pendidikan : SDN/S
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Semester : II/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Lambang Bilangan dan Nilai Tempat
Alokasi Waktu : 18 JP (6 Pertemuan)
A. Kompetensi IntiKompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial (rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin dan kerjasama) dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi akseptor didik.
KI3: Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingintahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan memilih lambangnya menurut nilai daerah dengan memakai model konkret serta cara membacanya
3.1.1 Memahami bilangan cacah
3.1.2 Memahami cara memilih suatu bilangan yang sudah diketahui nilai tempatnya
3.1.3 Memahami nilai tempat
3.1.4 Mengidentifikasi nilai tempatpada suatu bilangan tertentu
4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya menurut nilai daerah dengan memakai model konkret
4.1.1 Menyajikan dan melaporkan hasil membentuk bilangan menurut cirinilai-nilai tempatnya
4.1.2 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya menurut nilai daerah dengan memakai model konkret
C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan sesudah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan akseptor didik dibutuhkan sanggup Menyebutkan dan Menuliskan banyak sekali bentuk bilangan hingga 999 serta bisa Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan lambang bilangan dan nilai daerah dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta mempunyai perilaku responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta bisa berkomukasi dan berhubungan dengan baik
D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
Contoh cara membaca lambang bilangan
2. Konsep
Pernakah kalian membilang? Atau ketika mata pelajaran Olah Raga, Guru Olah Raga meminta kalian untuk membilang. Masih ingat? Ketika kalian berbaris, ketua kelas menyiapkan. Siap grak! Lencang kanan grak! Tegap grak! Membilang mulai! Gagah benar ketua kelas itu.Kalian semua niscaya bisa. Nah, kalau mulai kecil sudah menjadi ketua, besok kalau sudah besar menjadi pemimpin. Misalnya: menjadi Kepala Desa, Camat Bupati, dan lain lain.
3. Prinsip
Membacadan menyajikanbilangan cacahdan lambangnyaberdasarkannilai daerah denganmenggunakan model konkret.
4. Prosedur
Menyajikan dan melaporkan hasil membentuk bilangan menurut cirinilai-nilai tempatnya
Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan lambang bilangan dan nilai tempat.
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi kelompok, Tanya Jawab, Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Slide presentasi (ppt)
2. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
3. Penggaris, spidol, papan tulis
4. Laptop & infocus
5. Perpustakaan sekolah
1. Bahan Tayang
G. Sumber Belajar
1. Buku Siswa MATEMATIKA Kelas II
2. Buku Petunjuk Guru MATEMATIKAKelas II
3. Modul/bahan ajar
4. Internet
5. Modul lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Penutup
Baca Juga:
- RPP Matematika Kelas I SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
- RPP Matematika Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
- RPP Matematika Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain perihal materi pokok
• Menyimak tayangan/demo perihal materi pokok
• Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remedial sanggup diberikan kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM maupun kepada akseptor didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua kepingan : remedial alasannya yaitu belum mencapai KKM dan remedial alasannya yaitu belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memperlihatkan kiprah bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), contohnya sebagai berikut.
- Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melaksanakan evaluasi kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang diadaptasi contoh: pada dikala jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit sesudah jam pelajaran selesai).
b. Pengayaan
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan akseptor didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada akseptor didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai komitmen dengan akseptor didik.
- Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas contohnya
- Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah disiapkan oleh guru berupa pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan memperlihatkan suplemen nilai bagi akseptor didik yang berhasil dalam pengayaan.
……………, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SDN/S Guru Mata Pelajaran
…………………… ………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.