Mendikbud: Jika Ada Guru Yang Bocorkan Soal Un Akan Aku Pecat

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy berharap tidak ada kecurangan yang dilakukan, termasuk oleh para guru, dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) semenjak Senin (3/4/2017).

Muhadjir mengancam akan eksklusif memecat guru yang membocorkan soal kepada muridnya.

"Jangan sampai, demi kebaikan kariernya sendiri, ada guru yang membocorkan soal kepada murid. Kalau ada yang melaksanakan menyerupai itu, eksklusif saya pecat." tuturnya ketika menghadiri peresmian Pengurus Daerah  Muhammadiyah  Wakatobi  di Sanggar Budaya  Wakatobi, Sulawesi tenggara, Minggu (2/4/2017).

Dia mengatakan, untuk mewujudkan Indonesia maju, tidak ada pilihan lain selain tegas. Muhadjir mengatakan, jikalau guru hingga membocorkan soal, hal itu malah bakal mencelakakan muridnya sendiri.

"Hal itu justru menciptakan mental generasi muda kita cacat. Selain itu, dilarang ada guru yang karya ilmiahnya mengandung kecurangan," katanya.

Sebelumnya, Muhadjir juga meminta peretas atau hacker tidak mengganggu pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).


"Untuk pengamanan UNBK, kami sudah menggandeng Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg). Meski demikian, kami meminta semoga para peretas tidak mengganggu kemudian lintas pelaksanaan UNBK," ujar Muhadjir sebelumnya. (sumber: http://regional.kompas.com)



= Baca Juga =



LihatTutupKomentar